KEMENTERIAN
KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENDIDIKAN
DAN PELATIHAN KEUANGAN
POLITEKNIK
KEUANGAN NEGARA STAN
MATA KULIAH
KOMUNIKASI BISNIS
Dosen: Eman Sulaeman Nasim
UPAYA UNTUK MENINGKATKAN WAJIB PAJAK DAN PENERIMAAN TARGET PAJAK
Disusun
Oleh:
Diah Ayu Tristianti
5 – 07 / 2301160196 / 11
Tahun Ajaran: 2018 / 2019
Mahasiswa Program Diploma
III Keuangan
Spesialisasi Perpajakan
Stategi untuk meningkatkan
penerimaan pajak dapat ditempuh beberapa cara, diantaranya:
1.
Memperbaiki administrasi data
Dengan
memanfaatkan teknologi informasi, Direktorat Jenderal Pajak berupaya
menciptakan sistem yang terintegrasi. Dengan teknologi yang terintegrasi, upaya
tax avoidance maupun evasion Wajib Pajak dapat terdeteksi. Namun, pemerintah
harus berinvestasi dalam jumlah yang cukup besar dalam menciptakan sistem
tersebut.
2.
Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Pegawai
Pajak
Peningkatan kualitas pelayanan perlu ditingkatkan agar
tidak terjadi multi-interpretasi pemahaman oleh wajib pajak dan wajib pajak
merasa nyaman atas pelayanan Kantor Pajak. Hal tersebut dapat dilakukan melalui:
kecepatan pelayanan wajib pajak, kecepatan pengurusan persuratan
Peningkatan kuantitas pegawai pajak juga perlu
dilakukan mengingat banyaknya jumlah wajib pajak, sehingga Account Representative dapat secara optimal menangani wajib
pajaknya.
Contoh:
3.
Law
Enforcement
Law Enforcement dilakukan
baik di sektor internal pemerintah maupun eksternal. Walaupun kinerja
Direktorat Jenderal Pajak sudah cukup bagus terkait ketepatan waktu, disiplin,
dan target kinerja. Namun, perlu ditingkatkan aturan mengenai tindak pidana
korupsi, mengingat Direktorat Jenderal Pajak merupakan instansi pengawal
pendapatan negara. Dari sektor eksternal, wajib pajak membutuhkan kepastian
hukum dalam pembayaran pajaknya.
4.
Memperluas Basis Pajak
Yaitu menambah orang yang wajib membayar pajak namun
belum membayar pajak dengan benar. Baik yang sudah mempunyai NPWP maupun belum
mempunyai NPWP. Hal ini dapat dilakukan melalui seksi ekstentifikasi.
Contoh:
1. Upaya KPP Pratama Kudus dalam melakukan
inovasi untuk meningkatkan kesadaran pajak masyarakat. Yaitu dengan membuka
pelayanan di Pasar Kliwon. Tujuannya mendekatkan pelayanan kepada wajib pajak. Pada
tahun 2016 realisasi penerimaan pajak mencapai 400% dari target
2. Seminar
Kewirausahaan yang dilakukan oleh UMKM Sahabat Pajak (USP) dan KPP Pratama
Pondok Aren. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan peran serta UMKM dalam
membangun negara salah satunya dengan membayar pajak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar